Pendampingan Pendirian Dan Pelaksanaan Program Tahfidzul Qur’an Di Pondok Pesantren Al-Inaroh Desa Tisnogambar

Authors

  • Nurul Anam Institut Agama Islam Al-Qodiri Jember

DOI:

https://doi.org/10.53515/aijpkm.v1i1.1

Abstract

Abstrak

Pemberdayaan ini bertujuan untuk mendirikan dan melaksanakan Program Tahfidzul Qur’an di Pondok Pesantren Al-Inaroh Desa Tisnogambar. Proses pemberdayaan ini menggunakan pendekatan Posdaya. Berdasarkan hasil dari implementasi pendampingan pendirian dan pelaksanaan Program Tahfidzul Qur’an di Pondok Pesantren Al-Inaroh, maka ada beberapa simpulan sebagai berikut: 1) Pendampingan pendirian dan pelaksanaan Program Tahfidzul Qur’an berpedoman pada tahapan-tahapan yang ada di dalam strategi pemberdayaan berbasis posdaya; 2) Program Tahfidzul Qur’an sudah terlaksana secara sistematis dan optimal; 3) Semua santri mulai ada yang hafal beberapa surat-surat yang ada di dalam Al-Qur’an; 4) Para santri sangat termotivasi untuk menghafal Al-Qur’an. Santri sangat antusias dalam menghafalkan al-Qur’an. Keadaan ini dibuktikan oleh beberapa faktor antara lain mereka senang menghafalkan al-Qur’an, hafalan al-Qur’an ini dilakukan dengan dibaca berulang-ulang atau dibaca bersama-sama, dan pada saat membaca ayat-ayat Al-Qur’an, mereka membaca dengan baik dan runtun atau sistematis; dan 5) Pendirian Program Tahfidzul Qur’an memiliki implikasi positif dalam ikut serta menjaga Al-Qur’an. Salah satu bentuk apresiasi terhadap Al-Quran bahwa Al-Quran dari generasi ke generasi selalu dihafal dan terjaga dalam dada para penghafal (huffazh) Al-Qur’an.

Keyword: Pendampingan, Pendirian dan Pelaksanaan, Tahfidzul Qur’an

Downloads

Published

2020-10-02

How to Cite

Anam, N. (2020). Pendampingan Pendirian Dan Pelaksanaan Program Tahfidzul Qur’an Di Pondok Pesantren Al-Inaroh Desa Tisnogambar. Al-Ijtimā: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 1-16. https://doi.org/10.53515/aijpkm.v1i1.1

Issue

Section

Artikel