Lingkungan Berbahasa Arab Dengan Metode Silent Way Dan Mim Mem: (Pengembangan Komunitas Lembaga PIAUD dalam Menciptakan Lingkungan Berbahasa Arab dengan Metode Pembelajaran Silent Way dan Mim-Mem di Lembaga PAUD Raudlatul Jannah Desa Dukuh Dempok Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember)

Authors

  • Dwi Juli Priyono Institut Agama Islam Al-Qodiri Jember, Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.53515/aijpkm.v1i2.12

Abstract

Pemberdayaan ini bertujuan untuk mengembangkan komunitas lembaga PIAUD dalam menciptakan lingkungan berbahasa arab dengan metode pembelajaran Silent Way dan Mim-Mem di lembaga PAUD Raudlatul Jannah desa Dukuh Dempok. Proses pemberdayaan ini menggunakan pendekatan ABCD. Berdasarkan hasil Pengembangan komunitas lembaga PIAUD dalam menciptakan lingkungan berbahasa arab dengan metode pembelajaran Silent Way dan Mim-Mem berbasis bahasa arab di lembaga PAUD Raudlatul Jannah desa dukuh dempok Kec. Wuluhan Kabupaten Jember tidak akan berhasil jika tidak ada kerjasama dan partisipasi aktif dari subjek pendampingan dan seluruh asset yang berkaitan dengan PAUD Raudlatul Jannah. Pelaksanaan pemberdayaan berjalan dengan optimal karena pemberdayaan ini menghasilkan pengembangan kualitas asset SDM guru-guru PAUD Raudlatul Jannah menguasai pengetahuan tentang menciptakan APE dan lingkungan pembelajaran bahasa arab dan luring yang efektif.

Temuan berikutnya menunjukkan bahwa pemberdayaan yang telah dilakukan di komunitas ini ternyata berdampak pada penambahan sarana pendidikan di lembaga tersebut yaitu pada referensi buku-buku tentang metode pembelajaran. metode pembelajaran Silent Way dan Mim-Mem berbasis bahasa arab di lembaga ini akan sangat signifikan bagi peningkatan proses dan hasil berlajar di komunitas tersebut. Metode Mim-Mem adalah suatu cara yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab, dimana guru mengucapkan suatu mufradat atau kosakata kemudian siswa menirukan dan menghafalkannya, metode ini diharapkan dapat dimanfaatkan oleh para siswa dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Metode Mim-Mem akan membuat siswa belajar dengan baik, belajar menjadi menyenangkan, belajar dengan kondisi yang nyaman, dan belajar yang efektif dan efisien. Metode pembelajaran Silent Way dan Mim-Mem juga mengindikasikan bahwa keberhasilan belajar bisa dilakukan dengan menggunakan metode pembelajaran yang efektif.

Kata Kunci: Lingkungan berbahasa arab; Metode Silent Way dan Mim-mem.

Downloads

Published

2021-04-26

How to Cite

Priyono, D. J. (2021). Lingkungan Berbahasa Arab Dengan Metode Silent Way Dan Mim Mem: (Pengembangan Komunitas Lembaga PIAUD dalam Menciptakan Lingkungan Berbahasa Arab dengan Metode Pembelajaran Silent Way dan Mim-Mem di Lembaga PAUD Raudlatul Jannah Desa Dukuh Dempok Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember). Al-Ijtimā’: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 69-93. https://doi.org/10.53515/aijpkm.v1i2.12

Issue

Section

Artikel