Pendampingan Permainan Edukatif Write Down Experience Wich Going On Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Pada Komunitas Pelajar Bahasa Arab Etnis Madura Di Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo

Authors

  • Umar Manshur Universitas Nurul Jadid Paiton Probolinggo, Indonesia
  • Khoirul Bariah Universitas Nurul Jadid Paiton Probolinggo
  • Ima Wahyuni Universitas Nurul Jadid Paiton Probolinggo
  • Melynda Khoirun Nisa Universitas Nurul Jadid Paiton Probolinggo
  • Nanda Devi Oktaviani Universitas Nurul Jadid Paiton Probolinggo
  • Lailatul Hadawiah Universitas Nurul Jadid Paiton Probolinggo

Abstract

Kesulitan menulis Bahasa Arab sangat berkaitan dengan metode pembelajaran dan media yang digunakan oleh guru, karena media akan mempermudah siswa dalam memahami materi, kesulitan materi yang disampaikan oleh guru kepada siswa dapat disederhanakan melalui bantuan penggunaan media secara kreatif dan inovatif. Adapun tujuan pendampingan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis pada komunitas pelajar Bahasa Arab Etnis Madura di Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo Jawa Timur.

Metode yang peneliti gunakan yakni menggunakan metode penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif adalah salah satu jenis penelitian, dimana peneliti melakukan pengumpulan data dengan observasi partisipan untuk mengetahui fenomena esensial partisipan dalam pengalaman hidupnya. Dan adapun metode yang digunakan yakni permainan Edukatif Write Down Experience Which Going on (menuliskan pengalaman yang sedang terjadi) dalam bentuk pendampingan dalam pembelajaran, yang mana semua pihak dilibatkan secara aktif dalam menganalisis tahapan-tahapan kegiatan yang sedang berlangsung untuk melakukan perubahan-perubahan lebih baik lagi.

Adapun hasil kegiatan ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan peserta didik menunjukkan peningkatan dalam menulis hal ini dilihat dari hasil evaluasi setiap pertemuan. Dan meningkatnya kualitas pengetahuan mereka tentang penulisan bahasa arab melalui pendampingan ini.

Kata Kunci: Permainan Edukatif; Write Down Experience Wich Going On; Kemampuan Menulis.

Downloads

Published

2021-09-21

How to Cite

Manshur, U., Khoirul Bariah, Ima Wahyuni, Melynda Khoirun Nisa, Nanda Devi Oktaviani, & Lailatul Hadawiah. (2021). Pendampingan Permainan Edukatif Write Down Experience Wich Going On Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Pada Komunitas Pelajar Bahasa Arab Etnis Madura Di Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo. Al-Ijtimā’: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 199-209. Retrieved from http://aijpkm.iaiq.ac.id/index.php/pkm/article/view/29

Issue

Section

Artikel