Peningkatan Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an Anak Usia Dini Di Era 5.0 Bagi Guru TK PGRI II Jember

Authors

  • Muhamad Ansori IAI Al-Qodiri Jember

DOI:

https://doi.org/10.53515/aijpkm.v3i1.48

Keywords:

Baca Tulis Al-Qur’an, Anak Usia Dini

Abstract

Pengenalan pembelajaran baca tulis Al-Qur’an salah satu keharusan yang wajib diberikan pada anak usia dini sebagai bagian dari umat muslim. Al-Qur’an sebagai kitab suci umat Islam berperan sebagai sumber hukum, dasar dari ilmu pengetahuan dan sebagai tolak  ukur dalam pembentukan perilaku anak usia dini. melalui pembelajaran dasar-dasar Al- Qur’an seperti membaca dan menuliskannya anak mengenal nilai-nilai baik yang terkandung didalam Al-Qur’an. Pembentukan karakter religius adalah melalui pembelajaran Al-Qur’an salah satunya mampu membaca dan menuliskannya. Karakter religius dan pribadi yang Qur’ani diperlukan dalam membentuk bangsa yang beradab. Tujuan pengabdian  kepada masyarakat yang dilakukan adalah mengembangkan asset lembaga TK. PGRI II Jember  pada aspek SDM guru-guru dan Pengelola dalam meningkatkan pembelajaran baca tulis al-Qur’an untuk murid TK PGRI II Jember. Berdasarkan hasil pemberdayaan di komunitas TK PGRI II Jember dengan menggunakan metode Asset Based Community Development (ABCD) dapat disimpulkan bahwa pendampingan dalam meningkatkan kualitas SDM guru-guru TK PGRI II Jember dalam meningkatkan BTA pada anak usia dini  diperoleh kesimpulan : terdapat 4 langkah utama yang dilaksanakan dalam peningkatan BTA pada anak usia dini, Pertama, langkah pengenalan, dalam kegiatan ini anak akan Anak akan diajarkan mengenal huruf-huruf hijaiyah (30) ا sampai ي ; Kedua, langkah melafalkan, dalam langkah ini Anak Melafalkan huruf yang baik dan benar serta sesuai dengan makhrajnya secara ilmu tajwid; Ketiga, langka pengenalan tanda baca, dimana pada langkah ini anak diajarkan mengenal tanda baca (dari yang mudah : fathah A/ (     ), kasrah/I   (      ), dhommah U ( ُ  ), tanwin dan sebagainya; dan Keempat, langkah membaca kata, dalam langkah ini anak akan Membaca kata (Huruf-huruf yang diberi tanda baca sehinnga melahirkan bunyi disambung dengan huruf lain menjadi sebuah kata.)اَ اِ اُ بَ بِ ب

Additional Files

Published

2022-10-31

How to Cite

Ansori, M. (2022). Peningkatan Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an Anak Usia Dini Di Era 5.0 Bagi Guru TK PGRI II Jember. Al-Ijtimā: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 32–56. https://doi.org/10.53515/aijpkm.v3i1.48

Issue

Section

Artikel