Penguatan Pengelolaan Pembelajaran Bagi Guru PAUD Dalam Membangun Ketahanan Psikologis Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.53515/aijpkm.v3i1.55Keywords:
Pengelolaan Pembelajaran, Anak Usia Dini, Ketahanan PsikologisAbstract
Pendidikan pada masa usia dini merupakan kondisi yang peka karena pada masa ini terjadi pematangan fungsi fisik dan psikis yang siap merespon lingkungan dan menginternalisasikan ke dalam dirinya. Pada masa ini berada pada masa golden age dikarenakan pada masa ini terjadi perkembangan fisik dan psikis yang sangat menakjubkan dan terbaik di sepanjang hidupnya. Sebagai upaya dalam peningkatan dan penguatan profesionalitas guru PAUD maka perlu diberikan pendampingan terkait dengan psikologi perkembangan anak usia dini guru PAUD. Adapun metode pendampingan yang digunakan adalah metode Asset Based Community Development (ABCD). Pendampingan ini dilaksanakan di komunitas guru PAUD di KB Mawar 2 Kemiri Panti Jember. Asset yang paling utama untuk dikembangkan di Komunitas Guru PAUD KB Mawar 2 Desa Kemiri Kecamatan Panti Kabupaten Jember adalah individu SDM yang sudah menguasi kompetensi pengelolaan pembelajaran namun belum bisa menerapkannya secara maksimal dan belum bisa mengembangkan kratifitasnya dalam pembuatan APE Inovatif. Karena aset tersebut sangat berpengaruh terhadap kualitas pembelajaran dan kondisi lingkungan sekolah yang edukatif dan Menyenangkan. Adapun hasil pengabdian di Komunitas Guru PAUD KB Mawar 2 Dusun Delima Desa Kemiri Kecamatan Panti Kabupaten Jember yaitu meningkatnya kualitas guru pada pengelolaan pembelajaran dalam pengembangan psikologis anak.
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Siti Nofita Widayatul H, Indah Ayu Lestari, Holifatus Sakdiyah, Wardatus Soleha, Syifatullaely, Finadatul Wahidah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.