Pengembangan Kualitas SDM Karang Taruna Dalam Mewujudkan Kecakapan Literasi Digital (Dusun Rayap Desa Kemuning Lor Kecamatan Arjasa Kabupaten Jember)

Authors

  • Bunga Surawijaya IAI AL-QODIRI JEMBER
  • M. Rajief Azza IAI Al-Qodiri Jember
  • Nur Hamidah IAI Al-Qodiri Jember

DOI:

https://doi.org/10.53515/aijpkm.v3i1.56

Keywords:

Pemberdayaan Pemuda, Pengelolaan Sumber Daya Berbasis Komunitas, Literasi Digital.

Abstract

ABSTRAK

Tulisan ini berusaha mendeskripsikan Sistem Informasi yang dilaksanakan oleh Tim Pengabdian Masyarakat Institut Agama Islam Al-Qodiri Jember, Dusun Rayap Desa Kemuning Lor Kecamatan Arjasa Kabupaten Jember. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan Asset-based Community Development (ABCD). Tulisan ini menekankan pada dua aspek penting sebagai temuan penelitian. Pertama, pemberdayaan kepemudaan di bidang sosial, budaya perlu disertai dengan gerakan literasi digital. Kedua, keterampilan literasi digital pemuda dapat berkontribusi pada pembangunan desa melalui penggunaan internet. Pada era digital ini pemuda tidak dapat terlepas dari teknologi informasi yang perlu adaptif. Program Pemberdayaan ini berupaya memberdayakan pemuda agar mengerti dunia digital sehingga dapat berpartisipasi untuk membangun desa melalui pemanfaatan teknologi informasi. Menggunakan startegi pemberdayaan masyarakat dengan pendekatan pengelolaan sumberdaya berbasis komunitas, berupaya mendorong pemuda supaya mampu mengenali potensi lokal desa. Pemuda merupakan sumber daya potensial dalam pembangunan. Namun demikian, pemuda dapat menjadi toxic sebagai pelaku berbagai penyimpangan sosial atau tonic sebagai agen perubahan dalam pembangunan. Pemuda harus menjadi pelopor perubahan di desa.

 

Kata kunci: pemberdayaan pemuda, pengelolaan sumber daya berbasis komunitas, literasi  digital.

Additional Files

Published

2022-10-31

How to Cite

Surawijaya, B., Rajief Azza, M., & Hamidah, N. (2022). Pengembangan Kualitas SDM Karang Taruna Dalam Mewujudkan Kecakapan Literasi Digital (Dusun Rayap Desa Kemuning Lor Kecamatan Arjasa Kabupaten Jember). Al-Ijtimā: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 136–149. https://doi.org/10.53515/aijpkm.v3i1.56

Issue

Section

Artikel