Pendampingan Penguatan Akidah Ahlus Sunnah Wal Jama’ah (ASWAJA) An-Nahdiyyah Menggunakan Buku SKIA Di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Dan Himpunan Alumni Madrasah As-Shobri Dusun Kopang Kebun, Desa Kemuning Lor, Kecamatan Arjasa, Kabupaten Jember

Authors

  • Hasyim Asy'ari IAI Al-Qodiri Jember

DOI:

https://doi.org/10.53515/aijpkm.v3i1.57

Keywords:

ASWAJA, SKIA, Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ)

Abstract

Taman Pendidikan Quran yang terletak di dataran tinggi kota Jember tepatnya di Desa Kemuning Lor  ini merupakan salah satu tempat pendidikan non formal yang didirikan guna mendidik putra-putri daerah dengan memberikan pembelajaran Agama (Fiqh, Akidah dan baca Quran). Saat ini terancam dengan paham  radikalisme pasalnya kaum ekstrimis atau kaum radikalis sudah mulai menjajaki daerah tersebut. Hal ini ditunjukkan adanya Masjid dan lembaga atau daurah yang didirikan di daerah tersebut. Oleh karenanya  upaya yang dilakukan untuk menepis dan menolak paham radikal merasuki putra-putri masyarakat yaitu dengan melakukan pendampingan dengan mendatangkan pemateri dari luar daerah yang bekerja sama dengan IAI Al-Qodiri Jember. Pemberdayaan masyarakat yang digunakan dalam pengabdian ini adalah dengan metode Asset Based Community Development (ABCD). Berdasarkan hasil pemberdayaan Komuntas Alumni Madrasah Assobri 2 di TPQ melalui pembelajaran SKIA guna penguatan akidah aswaja dan Asset Based Community Development (ABCD) dapat disimpulkan bahwa pemberdayaan dalam meningkatkan kualitas SDM Alumni Madrasah Assobri 2 dalam mengajarkan pembelajaran pada santri TPQ guna penguatan akidah ahlus sunnah wal jamaah (aswaja) an-nahdliyyah bisa dikatakan berhasil karena dilakukan atas kerjasama seluruh pihak yang terkait.

 

Additional Files

Published

2022-10-31

How to Cite

Asy’ari, H. (2022). Pendampingan Penguatan Akidah Ahlus Sunnah Wal Jama’ah (ASWAJA) An-Nahdiyyah Menggunakan Buku SKIA Di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Dan Himpunan Alumni Madrasah As-Shobri Dusun Kopang Kebun, Desa Kemuning Lor, Kecamatan Arjasa, Kabupaten Jember. Al-Ijtimā: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 122–135. https://doi.org/10.53515/aijpkm.v3i1.57

Issue

Section

Artikel