Pendampingan Komunitas Guru Ra Menjadi Guru Penggerak Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kabupaten Jember

Authors

  • Syaiful Rizal iai al qodiri

DOI:

https://doi.org/10.53515/aijpkm.v3i2.59

Keywords:

Sekolah, Guru penggerak, siswa

Abstract

Sekolah sebagai tempat pembentukan karakter peserta didik senantiasa mengalami perubahan yang dinamis. Dalam menciptakan sumber daya manusia yang unggul sekolah memiliki peran yang sangat strategis, dimana sekolah merupakan tempat tenaga pendidik atau guru mentransfer ilmu pengetahuan, penanaman budaya, dan juga tempat pembentukan karakter kepada murid. Proses perubahan di sekolah diperlukan adanya “pembaharu” atau agent of change dan agent of transformation, yaitu subjek-subjek tertentu di sekolah yang mampu membawa perubahan dan pembaruan secara total. Salah satu program yang termuat di dalam paket kebijakan merdeka belajar adalah program guru penggerak. Guru Penggerak adalah pemimpin pembelajaran yang mendorong tumbuh kembang murid secara holistik, aktif dan proaktif dalam mengembangkan pendidik lainnya untuk mengimplementasikan pembelajaran yang berpusat kepada murid, serta menjadi teladan dan agen transformasi ekosistem pendidikan untuk mewujudkan profil Pelajar Pancasila

Downloads

Published

2023-04-21

How to Cite

Syaiful Rizal. (2023). Pendampingan Komunitas Guru Ra Menjadi Guru Penggerak Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kabupaten Jember. Al-Ijtimā: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 187–210. https://doi.org/10.53515/aijpkm.v3i2.59

Issue

Section

Artikel