Pendampingan Peningkatan Kualitas Guru Dalam Variasi Pembelajaran Membaca Al-Qur’an Melalui Metode Tilawati

Authors

  • ansori muhamad IAI Al-Qodiri Jember

DOI:

https://doi.org/10.53515/aijpkm.v4i2.79

Keywords:

Variasi Pembelajaran, Metode Tilawati

Abstract

Tilwati merupakan buku metode belajar membaca Al-Qur’an yang disampaikan secara seimbang antara pembiasaan melalui pendekatan klasikal dan kebenaran membaca melalui pendekatan individual dengan tehnik baca simak, dengan pendekatan ini diharapkan pembelajaran menjadi efektif, mudah dan menyenenangkan, suasana pembelajaran menjadi lebih kondusif. Urgensi pembelajaran membaca Al-Qur’an pada anak usia dini sebagaimana hasil penelitian Keith, dkk dalam Diana (2010) mengatakan bahwa sekitar 50 % variabilitas kecerdasan orang dewasa sudah terjadi ketika anak berusia 4 tahun. Peningkatan 30% berikutnya terjadi pada usia 8 tahun, dan 20% sisanya pada pertengahan atau dasawarsa kedua. Pentingnya kehidupan awal manusia yang berada pada rentang usia 0-8 tahun karena 80% variabilitas kecerdardasan manusia mengalami perkembangan pada masa ini. Anak usia dini berada pada priode emas atau golden age yang hanya terjadi sekali dalam rentang kehidupan. Pada masa ini segala upaya baik dilakukan untuk menanamkan nilai-nilai, keterampilan serta aspek-aspek pertumbuhan dan perkembangan karena anak berada pada tahap penerimaan yang sempurna. Masa usia dini masa yang tepat untuk memberikan rangsangan atau stimulus terhadap segala aspek pertumbuhan dan perkembangan anak. Tujuan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan adalah mengembangkan asset SDM Guru lembaga TK. Ar Rahim Kemuning Lor Jember pada aspek SDM guru-guru dan Pengelola dalam meningkatkan pembelajaran Al-Qur’an untuk murid TK Ar Rahim Jember. Berdasarkan hasil pemberdayaan di komunitas TK Ar Rahim Jember dengan menggunakan metode Asset Based Community Development (ABCD) dapat disimpulkan bahwa pendampingan dalam meningkatkan kualitas SDM guru-guru TK Ar Rahim Jember dalam meningkatkan Pembelajaran Al-Qur’an melalui metode tilawati pada anak usia dini diperoleh kesimpulan : terdapat 4 langkah utama yang dilaksanakan dalam peningkatan pembelajaran Al-Qur’an melalui metode tilawati, Pertama, diajarkan secara praktis ; Kedua, menggunakan lagu rost; Ketiga, diajarkan secara klasikal menggunakan alat peraga khusus metode tilawati dan Keempat, diajarkan secara individual  dengan tehnik baca simak menggunakan buku tilawati.

Downloads

Published

2024-04-24

How to Cite

muhamad, ansori. (2024). Pendampingan Peningkatan Kualitas Guru Dalam Variasi Pembelajaran Membaca Al-Qur’an Melalui Metode Tilawati. Al-Ijtimā: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 325–344. https://doi.org/10.53515/aijpkm.v4i2.79

Issue

Section

Artikel