Pelatihan Penerapan Teknik Komunikasi Dalam Pembelajaran Bagi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam Staida Sumatera Selatan

Authors

  • Karoma Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Firmansyah Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Fitri Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Yuslaini Universitas Muhammadiyah Palembang
  • Erham As’ari STAI Darussalam Sumatera Selatan

DOI:

https://doi.org/10.53515/aijpkm.v4i1.89

Keywords:

Teknik Komunikasi, Komunikasi Pembelajaran, Mahasiswa Keguruan

Abstract

Kegiatan pemberdayaan ini mengambil tema pelatihan penerapan teknik komunikasi pembelajaran bagi mahasiswa. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan komunikasi mahasiswa dalam berbagai konteks pembelajaran. Adapun metode yang digunakan dalam kegiatan pemberdayaan ini, yaitu: pelatihan berbicara, pelatihan mendengarkan, diskusi kelompok, dan simulasi pembelajaran. Hasil dari kegiatan pemberdayaan ini menunjukkan bahwa kegiatan pelatihan ini sangat bermanfaat dalam meningkatkan interaksi dan pemahaman dalam pembelajaran bagi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam STAIDA Sumatera Selatan. Dengan adanya pemahaman yang lebih baik terhadap teknik komunikasi, mereka dapat berpartisipasi aktif dalam pembelajaran, berkomunikasi dengan baik, dan berkolaborasi secara efektif. Sebagai hasil evaluasi dan tindak lanjut, terdapat beberapa faktor yang sangat mendukung terlaksananya kegiatan pemberdayaan ini, yaitu: adanya dukungan fasilitas yang sangat baik dari mitra, serta antusiame mahasiswa peserta pelatihan. Adapun faktor penghambat kegiatan, yaitu keterbatasan waktu pelatihan. Sebagai tindak lanjut dari hal tersebut, mitra disarankan untuk melaksanakan pelatihan serupa dan senantiasa menyesuaikan dengan kebutuhan mahasiswa yang relevan dengan bidang kerjanya setelah menyelesaikan pendidikan.

Downloads

Published

2023-10-31

How to Cite

Karoma, Firmansyah, Fitri, Yuslaini, & Erham As’ari. (2023). Pelatihan Penerapan Teknik Komunikasi Dalam Pembelajaran Bagi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam Staida Sumatera Selatan. Al-Ijtimā: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 127–137. https://doi.org/10.53515/aijpkm.v4i1.89

Issue

Section

Artikel

Most read articles by the same author(s)