http://aijpkm.iaiq.ac.id/index.php/pkm/issue/feed Al-Ijtimā': Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 2021-09-07T06:52:08+00:00 Nurul Anam nurul.anam86@gmail.com Open Journal Systems <p><strong>Al-Ijtimā': Jurnal pengabdian kepada masyarakat</strong></p> http://aijpkm.iaiq.ac.id/index.php/pkm/article/view/12 Lingkungan Berbahasa Arab Dengan Metode Silent Way Dan Mim Mem: (Pengembangan Komunitas Lembaga PIAUD dalam Menciptakan Lingkungan Berbahasa Arab dengan Metode Pembelajaran Silent Way dan Mim-Mem di Lembaga PAUD Raudlatul Jannah Desa Dukuh Dempok Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember) 2020-11-14T03:01:14+00:00 Dwi Juli Priyono dwikjuli17@gmail.com <p>Pemberdayaan ini bertujuan untuk mengembangkan komunitas lembaga PIAUD dalam menciptakan lingkungan berbahasa arab dengan metode pembelajaran <em>Silent Way</em> dan <em>Mim-Mem</em> di lembaga PAUD Raudlatul Jannah desa Dukuh Dempok. Proses pemberdayaan ini menggunakan pendekatan ABCD. Berdasarkan hasil Pengembangan komunitas lembaga PIAUD dalam menciptakan lingkungan berbahasa arab dengan metode pembelajaran Silent Way dan Mim-Mem berbasis bahasa arab di lembaga PAUD Raudlatul Jannah desa dukuh dempok Kec. Wuluhan Kabupaten Jember tidak akan berhasil jika tidak ada kerjasama dan partisipasi aktif dari subjek pendampingan dan seluruh asset yang berkaitan dengan PAUD Raudlatul Jannah. Pelaksanaan pemberdayaan berjalan dengan optimal karena pemberdayaan ini menghasilkan pengembangan kualitas asset SDM guru-guru PAUD Raudlatul Jannah menguasai pengetahuan tentang menciptakan APE dan lingkungan pembelajaran bahasa arab dan luring yang efektif.</p> <p>Temuan berikutnya menunjukkan bahwa pemberdayaan yang telah dilakukan di komunitas ini ternyata berdampak pada penambahan sarana pendidikan di lembaga tersebut yaitu pada referensi buku-buku tentang metode pembelajaran. metode pembelajaran Silent Way dan Mim-Mem berbasis bahasa arab di lembaga ini akan sangat signifikan bagi peningkatan proses dan hasil berlajar di komunitas tersebut. Metode <em>Mim-Mem </em>adalah suatu cara yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab, dimana guru mengucapkan suatu <em>mufradat </em>atau kosakata kemudian siswa menirukan dan menghafalkannya, metode ini diharapkan dapat dimanfaatkan oleh para siswa dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Metode <em>M</em><em>im-Mem</em> akan membuat siswa belajar dengan baik, belajar menjadi menyenangkan, belajar dengan kondisi yang nyaman, dan belajar yang efektif dan efisien. Metode pembelajaran <em>Silent Way</em> dan Mim-Mem juga mengindikasikan bahwa keberhasilan belajar bisa dilakukan dengan menggunakan metode pembelajaran yang efektif.</p> <p><strong>Kata Kunci: </strong><em>Lingkungan berbahasa arab</em><em>; </em><em>Metode Silent Way dan Mim-mem</em><em>.</em></p> 2021-04-26T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2021 Al-Ijtimā': Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat http://aijpkm.iaiq.ac.id/index.php/pkm/article/view/13 Pemberdayaan Ketahanan Pangan: Pengolahan Tempe Sebagai Makanan Alternatif Di Masa Pandemi Covid 19 Di Pondok Pesantren Nurul Chotib Wringinagung Kecamatan Jombang Kabupaten Jember 2020-11-16T01:09:13+00:00 Noga Riza Faisol akaryojagad2@gmail.com <p>Ketahanan pengan merupakan isu nasional yang marak ketika masa pandemi berlangsung. Karena menyangkut kebutuhan yang sangat mendasar berpengaruh besar terhadap berlangsungnya kehidupan masyarakat maupun sebuah komunitas dalam kesehariannya. Masyarakat dalam masa pandemi dibayangai resesi ekonomi yang kian menguat yang berdampak pendapatan masyarakat yang kian menurun. Pandemi melumpuhkan sebagaian besar roda perekonomian disertai Pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di berbagai daerah serta isolasi daerah dengan daerah lainnya menjadikan pasokan pangan mengalami kendala dalam distribusinya. Keadaan tersebut memaksa inovasi yang mandiri dan kreatif dalam ketahanan pangan serta pengadaan pangan yang murah dan terjangkau. Pesantren merupakan komunitas pendidikan yang mengakar di masyarakat juga memiliki masalah yang serupa dalam masa Pandemi Covid 19.</p> <p>Pesantren merupakan sebuah komunitas yang mengakar di masyarakat selain pengadaan pangan bagi para santri juga memiliki kepedulian kepada masyarakat sekitar dalam pengeloaan ketahanan pangan yang murah dan terjangkau. Keterbatasan akses dengan dunia luar serta kekurangan informasi pengadaan pangan secara murah dan mudah menjadi kendala Pesantren dalam pengelolaan ketahanan pangan. Berawal dari keadaan inilah pendampingan menggunakan metode <em>Asset Bassic Community Development</em> (ABCD) dilakukan. Penemuan aset dan potensi yang berada di pesantren digali dan ditumbuh kembangkan menjadi produk alternatif dalam upaya pengadaan ketahanan pangan. Dari berbagai pertimbangan dan tahapan yang dilakukan maka produk pembuatan Tempe menjadi solusi yang ditawarkan dalam membangun ketahanan pangan komunitas pesantren. Sumber bahan yang mudah diperoleh serta murah merupakan alasan utama produk Tempe di budidayakan. Makanan yang sehat, tinggi protein, mengakar di masyarakat dan dapat diolah dengan berbagai macam variasi. Tempe menjadi Primadona yang mampu diandalkan dalam masa Pandemi. Keterbutuhan ekonomi maupun gizi yang berimbang mampu dijawab dengan kreatifitas komunitas dalam mengolah produk Tempe. Disinilah peneliti melakukan pendampingan dan pemberdayaan Komunitas di Pondok Pesantren Nurul Chotib Wringinagung Jombang dengan pengolahan kedelai menjadi produk Tempe dengan harapan menjadi makanan sehat, murah, mudah sebagai penopang ketahanan pangan terutama di masa pandemi Covid 19 ini.</p> <p><strong>Keywords</strong>: <em>Ketahanan</em><em>; </em><em>Pangan</em><em>;</em><em> Tempe</em><em>;</em><em> Covid 19</em></p> 2021-04-26T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2021 Al-Ijtimā': Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat http://aijpkm.iaiq.ac.id/index.php/pkm/article/view/15 Pendampingan Komunitas Lembaga Kementrian Bahasa Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Kemahiran Berbicara Dengan Menggunakan Metode Mubasyarah Guna Mempermudah Dan Membiasakan Peserta Didik Dalam Berbicara Bahasa Arab Di Lingkungan Lembaga Kementrian Bahasa MTs. Unggulan Al-Qodiri 1 Jember Pemberdayaan terhadap Pengembangan Kualitas Asset SDM Guru dalam Menciptakan pembelajaran Bahasa arab yang efektif,efisien dan menyenangkan di Masa Covid-19 2020-11-22T04:26:23+00:00 Elok Rufaiqoh Rufaiqoh elokrufaiqoh90@gmail.com Muhammad Ainul Yaqin ayaqin28@gmail.com Muhammad Yunus Yunus@gmail.com <p>Pendampingan ini bertujuan untuk mengembangkan asset komunitas Kementrian Bahasa MTs. Unggulan Al-Qodiri Jember pada aspek kualitas SDM Guru dalam Menciptakan pembelajaran Bahasa arab yang efektif, inovatif dan menyenangkan di Masa Covid-19. Proses pemberdayaan ini menggunakan pendekatan ABCD. Berdasarkan hasil pemberdayaan terhadap SDM guru Kementrian Bahasa MTs. Unggulan Al-Qodiri Jember, maka ada beberapa simpulan yaitu: pemberdayaan dalam meningkatkan kualitas SDM guru-guru Kementrian Bahasa MTs. Unggulan Al-Qodiri Jember tidak akan berhasil jika tidak ada kerjasama dan partisipasi aktif dari subjek pendampingan dan seluruh asset yang berkaitan dengan Kementrian Bahasa MTs. Unggulan Al-Qodiri Jember. Pelaksanaan pemberdayaan berjalan dengan optimal karena pemberdayaan ini menghasilkan pengembangan kualitas asset SDM guru-guru Kementrian Bahasa MTs. Unggulan Al-Qodiri Jember dalam menerapkan metode mubasyarah untuk meningkatkan maharoh kalam.</p> <p>Metode mubasyaroh ini akan sangat signifikan bagi peningkatan proses dan hasil belajar di komunitas tersebut. Metode mubasyaroh merupakan metode yang bertujuan agar peserta didik dapat langsung mempraktikkan hingga berkomunikasi aktif dengan Bahasa arab. Metode yang melatih peserta didik untuk praktek langsung mengucapkan kata-kata atau kalimat tertentu dalam bahasa arab, meskipun kalimat tersebut masih asing atau belum dipahami oleh peserta didik. Metode ini cara menyajikan materi langsung menggunakan Bahasa arab sebagai Bahasa pengantar, dan tidak menggunakan Bahasa ibu dalam mengajar. Dengan metode ini maka siswa akan terbiasa mendengar dan praktek berbicara dengan menggunakan Bahasa arab, maka akan tercipta pembelajaran Bahasa arab yang efektif dan efisien.</p> <p><strong>Keyword:</strong> <em>Metode Mubasyarah; Maharah Kalam; Metode Mubasharah.</em></p> 2021-04-26T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2021 Al-Ijtimā': Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat http://aijpkm.iaiq.ac.id/index.php/pkm/article/view/20 Pendampingan Komunitas Anak Yatim Dalam Peningkatan Pola Hidup Sehat Dan Disiplin Pada Era New Normal Di Panti Asuhan Al-Ihsan Desa Dukuh Dempok Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember 2020-11-25T23:19:58+00:00 Fajar Abdillah sujaiibnu40@gmail.com Anaul Laili ana@gmail.com <p>The purpose of this assistance is to provide knowledge and skills to orphans so that they adopt a healthy and disciplined lifestyle according to the Covid-19 procedure in the new normal era. The method used is based on Asset Basic Community Development (ABCD). The steps for this method are as follows: 1) Define; Determining the aspects that will be the benchmarks for the mentoring process, 2) Discovery; In-depth discovery, in this case empowerment to carry out an in-depth search process such as finding and detecting 5 assets owned by the community in the al-Ihsan orphanage, 3) Dream; is a step in order to achieve the goals or desires that will be achieved during the ongoing assistance, 4) Design; This process has entered the strategy stage to be used, 5) Deliver; carry out and evaluate all aspects of the deficiencies of implementing a healthy and disciplined lifestyle in the new normal era.</p> 2021-04-26T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2021 Al-Ijtimā': Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat http://aijpkm.iaiq.ac.id/index.php/pkm/article/view/6 Metode Tahfidz Apel Dan Murjâ’ah: Pendampingan terhadap Pengembangan Kualitas Asset SDM Guru dalam Meningkatan Hafalan Juz ‘Amma Siswa SD Plus Al-Qodiri 2020-11-09T02:22:39+00:00 Muhamad Ansori muhamadansori87@gmail.com <p>Pemberdayaan ini bertujuan untuk mengembangkan asset komunitas lembaga SD Plus Al-Qodiri Jember pada aspek kualitas SDM Guru dalam menerapkan variasi metode tahfidz berupa APEL dan Muraja’ah dalam program tahfidz pada siswa di Masa Covid-19. Proses pemberdayaan ini menggunakan pendekatan ABCD. Berdasarkan hasil pemberdayaan di Komunitas SD Plus Al-Qodiri Jember dengan menggunakan metode <em>Asset Based Community Development (</em>ABCD<em>) </em>dapat disimpulkan bahwa pendampingan dalam meningkatkan kualitas SDM guru-guru SD Plus Al-Qodiri pada aspek penggunaan metode <em>APEL</em> dan <em>Muraja’ah</em> pada program <em>Tahfidz Juz ‘Amma</em> tidak akan berhasil jika tidak ada kerjasama dan partisipasi aktif dari subjek pendampingan, Pengelola, Yayasan, terutama masyarakat sekitar. asosiasi-asosiasi dan institusi yang berkaitan dengan lembaga SD Plus Al-Qodiri dalam Program Tahfidz Juz Amma serta segenap para <em>Stakeholder</em> yang ikut berpartisipasi untuk pelaksanaan program ini di komunitas SD Plus Al-Qodiri . Pelaksanaan pemberdayaan berjalan dengan optimal karena pemberdayaan ini menghasilkan pengembangan kualitas asset SDM guru-guru SD Plus Al-Qodiri dalam memanfaatkan menggunakan metode yang variative dan tepat sesuai kondisi dan situasi yang sekarang dihadapi. Temuan berikutnya menunjukkan bahwa pendampingan yang telah dilakukan di komunitas ini ternyata berdampak pada penambahan sarana pendidikan, jumlah tenaga pengajar dan alokasi waktu di lembaga tersebut. Metode <em>Tahfidz Juz ‘Amma</em> di komunitas tersebut semakin bertambah dan variatif sehingga metode-metode menghafalkan ini akan membantu siswa-siswa untuk mengembangkan dan meningkatkan daya ingat siswa dalam <em>hafalan juz ‘amma</em> (surat-surat pendek).</p> <p><strong><em>Keyword</em></strong><strong>: </strong>Metode Tahfidz, APEL, Muraja’ah, Juz ‘Amma</p> 2021-04-26T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2021 Al-Ijtimā': Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat http://aijpkm.iaiq.ac.id/index.php/pkm/article/view/24 Pendampingan Pembelajaran Bahasa Arab Dengan Menggunakan Metode Al-Mubasyaroh Untuk Meningkatkan Maharoh Al-Kalam Peserta Didik LIPs-SMP Nurul Jadid Paiton Probolinggo 2021-05-05T23:09:11+00:00 Moh. Ulum mohulum001@gmail.com Badruz Zaman mohulum001@gmail.com Wardatul Munawaroh mohulum001@gmail.com Rahmatul Ummah mohulum001@gmail.com <p>Pendampingan pembelajaran bahasa Arab sebagai upaya meningkatkan kualitas skill berbicara (al-Kalam) adalah sebuah keniscayaan bagi non-Arab. Orientasi pendampingan diarahkan untuk menambah kemampuan peserta didik dalam mempelajari dan memahami bahasa Arab. Dari empat keterampilan bahasa yang harus dikuasi oleh peserta didik, penguasaan maharah al-Kalam secara aktif dan produktif ditekankan pada peserta didik LIPs-SMP Nurul Jadid Paiton Probolinggo, hal ini mempertimbangkan bahwa urgensi maharah al-Kalam saat ini menjadi nilai produktif sebagai salah satu langkah aktualisasi keilmuan berbahasa Arab peserta didik LIPs-SMP Nurul Jadid Paiton Probolinggo. Keterampilan berbicara (maharah al-Kalam) adalah suatu kemampuan untuk mengungkapkan kata-kata sebagai ekspresi dari pikiran, ide, pendapat dan keinginan terhadap lawan bicara kita. Dalam konteks pendampingan pembelajaran bahasa Arab untuk meningkatkan maharah al-Kalam, tentunya membutuhkan metode tepat untuk menyelaraskan antara perencanaan dan indikator capaian yang diharapkan. Penggunaan metode al-Mubasyaroh dalam meningkatkan skill berbicara bahasa Arab peserta didik LIPs-SMP Nurul Jadid menjadi solusi metode yang ampuh untuk menghantarkan mereka mencapai sill berbicara bahasa Arab aktif. Metode al-Mubasyarah adalah metode langsung mempraktikkan bahasa Arab dalam proses pembelajaran, dimana guru (ustad/ustadzah) menggunakan bahasa Arab sebagai bahasa komunikasi dalam pembelajaran tanpa menggunakan bahasa lainnya dan ketika peserta didik LIPs-SMP Nurul Jadid menemukan bahasa yang sulit dimengerti maknya-mengingat ketidakrataan kemampuan bahasa Arab mereka, guru (ustad/ustadzah) menjelaskan maksud bahasa tersebut menggunakan ekspresi, demonstrasi, gambar-gambar, dll., sehingga solusi ini memudahkan peserta didik LIPs-SMP Nurul Jadid dalam memahami bahasa Arab.</p> <p><strong>Kata Kunci</strong>: <em>Pembelajaran Bahasa Arab; Metode Langsung; Maharoh al-Kalam.</em></p> 2021-05-05T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2021 Al-Ijtimā': Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat http://aijpkm.iaiq.ac.id/index.php/pkm/article/view/27 Pengembangan Kapasitas Pengurus E-Warong Cahaya Baru Melalui Pelatihan Produk UMKM 2021-09-07T06:49:03+00:00 Agus Sulthoni Imami djdjenar@gmail.com <p>Perkembangan dan kreativitas dalam dunia usaha yang tidak ada habisnya, membuka jalan yang positif bagi beberapa orang untuk turut bersaing menciptakan ide usaha yang dapat memberikan keuntungan. Sebagaimana E-Warong Cahaya Baru yang ikut berkontribusi dalam pelestarian UMKM di Indonesia. Sebagai pemain pemula dalam dunia usaha, persaingan ketat untuk merebut pasar dan berbagai pemasalahan lainnya seringkali dialami selama proses pengembangan kapasitas usahanya. Hal tersebut menjadi perhatian untuk diperbaiki, terutama dalam perbaikan SDM yang lebih memahami dunia usaha. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini berupa metode ceramah dan presentasi mengenai pembelajaran <em>skill</em> wirausaha dan dilanjutkan dengan pelatihan pembuatan produk UMKM hingga tahap penjualan. Hasil dari pengabdian ini yaitu sebagai peningkatan kapasitas terhadap pengembangan dan kesejahteraan operasional E-Warong yang akan berdampak pada meningkatnya pendapatan dan kemajuan toko.</p> <p>Keyword: pengembangan kapasitas, <em>skill</em> wirausaha, produk UMKM</p> 2021-09-07T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2021 Al-Ijtimā': Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat http://aijpkm.iaiq.ac.id/index.php/pkm/article/view/28 Al-Madha’l al-Itisholy wa al-Istifadatu Minha fi Ta’lim al-Lughah al-‘Arabiyah Tadrib al-Mudarrisin bi Markaz Tarqiyatul al-Lughah al-‘Arabiyah bi Ma’had Nurul Jadid al-Islami Paiton Qismi Ta’lim al-Lughah al-‘Arabiyah bikulliyati at-Tarbiyah Jami 2021-09-07T06:52:08+00:00 Mohammad Soleh nengmaz01@gmail.com <p>يهدف هذا البحث الاجتماعي إلى تزويد المعلمين بالمدخل الاتصالي والاستفادة منه في تعليم اللغة العربية بينما أجريت عملية تعليم اللغة العربية في كثير من الأوقات بطريقة القواعد أو النحو والترجمة المؤدية إلى تعليم اللغة العربية المتشدد بها. ومنهجية البحث المستخدمة هي المنهج الكيفي المعتمد على الملاحظة والمقابلة والوثائق والمحاضرة والمناقشة والتدريب في جمع البيانات المرجوة ومجتمع البحث مركز ترقية اللغة العربية وعينته الأساتذة فيه. وحللت البيانات وفسرت بتحليل استقرائي.</p> <p>ونتائج البحث الاجتماعي هي أن تعليم اللغة العربية بالمدخل الاتصالي يتم في شهرين أبريل ومايو للعام الدراسي 2021-2022 ميلادية. وبعد تمام تعليم اللغة العربية بالمدخل الاتصالي كان تعليم اللغة العربية أكثر حيوية وإفساح المجال للمتعلمين للتعبير عن آرائهم وأفكارهم حيث ينظر هذا المدخل الاتصالي إلى أن اللغة وظيفتها الأساسية وسيلة التواصل الاجتماعي، ولا مجرد تعليم القواعد الجافة.</p> <p><strong>الكلمات المفتاحية: </strong>المدخل الاتصالي<strong>، </strong>تعليم اللغة العربية<strong> &nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;</strong></p> 2021-09-07T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2021 Al-Ijtimā': Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat