Pendampingan Guru Dalam Menerapkan Metode Pembelajaran Variatif Sebagai Upaya Dalam Meningkatkan Minat Belajar Santri TPQ Masjid Al-Baiturrahman Desa Biting Kecamatan Arjasa Kabupaten Jember

Authors

  • Evi Maulidah IAI Al-Qodiri Jember

DOI:

https://doi.org/10.53515/aijpkm.v3i1.50

Keywords:

Pendampingan, metode pembelajaran variative, minat belajar

Abstract

Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menerapkan metode pembelajaran variatif sebagai upaya dalam meningkatkan minat belajar santri TPQ Masjid Al-Baiturrahman Desa Biting Kecamatan Arjasa Kabupaten Jember. Adapun metode yang digunakan pada pengabdian ini adalah metode ABCD. Pengabdian ini memperoleh hasil bahwa asset yang paling utama untuk dikembangkan adalah  aset Guru. Aset guru pada komunitas TPQ Masjid Al-Baiturrahman merupakan asset individu yang sangat berpengaruh terhadap kualitas pembelajaran, minat belajar santri dan kepercayaan masyarakat untuk menitipkan putra/i nya pada Lembaga TPQ. Untuk itu, pendampingan guna meningkatkan kompetensi Guru TPQ Masjid Al-Baiturrahman sangat penting untuk dilakukan.

Additional Files

Published

2022-10-31

How to Cite

Maulidah, E. (2022). Pendampingan Guru Dalam Menerapkan Metode Pembelajaran Variatif Sebagai Upaya Dalam Meningkatkan Minat Belajar Santri TPQ Masjid Al-Baiturrahman Desa Biting Kecamatan Arjasa Kabupaten Jember. Al-Ijtimā: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 77–87. https://doi.org/10.53515/aijpkm.v3i1.50

Issue

Section

Artikel