Pendampingan Dan Pemberdayaan Pelatihan Pengelolaan Kelas Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Di Musholla Al-Hidayah Dusun Biting Pinggir – Biting - Arjasa

Authors

  • Fikri Farikhin IAI AL-QODIRI
  • Ahmad Rosidi IAI Al-Qodiri Jember

DOI:

https://doi.org/10.53515/aijpkm.v3i1.53

Keywords:

Pemberdayaan, Pengelolaan Kelas, Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ)

Abstract

Dalam pelaksanaan pembelajaran Al Qur’an dibutuhkan pengelompokan-pengelompokan sesuai dengan kemampuan siswa agar pembelajaran dapat lebih mudah dilaksanakan sehingga dibentuklah kelas- kelas yang bertahap. Dari kelas Pra sampai kelas Al Qur’an. Pembelajaran Al Qur’an yang dilaksanakan di kelas memerlukan manajemen kelas (pengelolaan kelas) yang baik sehingga tujuan pembelajaran Al Qur’an dapat tercapai. Karenanya, pengelolaan kelas memegang peranan penting yang sangat menentukan dalam proses pembelajaran. Berdasarakan hasil observasi, Mushalla Al-Hidayah Biting Jember merupakan Mushalla yang didalamnya ada lembaga Taman Pendidikan Al-Qur’an atau yang biasa disingkat dengan TPQ atau TPA. Pendidikan Al-Qur’an yang ada di Mushalla Al-Hidayah ini sudah berjalan dan sudah mempunyai banyak santri. Namun ada hal yang kurang dari TPQ di Mushalla Al-Hidayah ini, yaitu kurangnya pengelolaan TPQ. Di TPQ Mushalla AL-Hidayah ini belum ada manajemen yang baik terkait pengelolaan Kelas. Sebagai bukti, di TPQ Mushalla Al-Hidayah belum ada perencanaan, Pelaksanaan dan Evaluasi yang tertulis atau terstruktur. Saat ini hanya mengaji biasa dan ada 4 pengajar. Pemberdayaan di Komunitas Lembaga TPQ Mushalla Al-Hidayah pada tahun 2022 menggunakan pendekatan ABCD. Pemberdayaan di komunitas ini difokuskan kepada pengembangan kualitas asset SDM Komunitas yang dibutuhkan komunitas tersebut.  Pengembangan asset tersebut didasarkan pada kebutuhan yang diharapkan oleh komunitas tersebut dapat menjadi lebih baik dari segi kualitas daripada sebelumnya. Pelatihan pengelolaan kelas Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) oleh Tim LP2M IAI Al-Qodiri Jember. Peserta yang mengikuti acara tersebut adalah Para Ustad dan Ustadzah TPQ Musholla Al-Hidayah.

 

Additional Files

Published

2022-10-31

How to Cite

Farikhin, F., & Rosidi, A. (2022). Pendampingan Dan Pemberdayaan Pelatihan Pengelolaan Kelas Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Di Musholla Al-Hidayah Dusun Biting Pinggir – Biting - Arjasa. Al-Ijtimā: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 98–108. https://doi.org/10.53515/aijpkm.v3i1.53

Issue

Section

Artikel