Pemberdayaan Pelaku UMKM Melalui Digital Marketing

Authors

  • Rifatus Sholikah Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Izaaz Dhiya Ulhaq
  • Nurfi Laili universitas muhammadiyah sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.53515/aijpkm.v3i2.64

Keywords:

Pemberdayaan Masyarakat, Usaha Kecil dan Menengah, Digital Marketing

Abstract

Program pemberdayaan masyarakat Universitas Muhammadiyah Sidoarjo tahun 2023 melakukan kolaborasi dengan BUMDES Bulusari, Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan. Kolaborasi tersebut dilaksanakan dengan melihat adanya permasalahan terkait Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Desa Bulusari. Oleh karena itu, dari adanya permasalahan terkait Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) tersebut perlu adanya penyelesaian atau peran serta dari pemerintah desa hingga tim pengabdian masyarakat dalam jangka pendek maupun jangka panjang khususnya dari tim pengabdian masyarakat Universitas Muhammadiyah Sidoarjo dengan melakukan “Pemberdayaan Pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) melalui Digital Marketing di Desa Bulusari”. Pemberdayaan terhadap pelaku UMKM tersebut dilaksanakan dengan melakukan adanya sosialisasi dengan tema UMKM, Digital Marketing, dan Legalitas. Hal tersebut, dengan tujuan untuk mengurangi kendala atau permasalahan yang dihadapi oleh pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) sehingga dapat meningkatkan kualitas dan mengembangkan potensi dari pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Desa Bulusari, Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan.

Additional Files

Published

2023-04-21

How to Cite

Sholikah, R., Ulhaq, I. D., & Laili, N. (2023). Pemberdayaan Pelaku UMKM Melalui Digital Marketing . Al-Ijtimā: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 243–254. https://doi.org/10.53515/aijpkm.v3i2.64

Issue

Section

Artikel