Pendampingan Pemberdayaan SDM Unggul Melalui Penanaman Nilai-nilai Religius Pada Kegiatan Ekstrakurikuler Sholawat Banjari
DOI:
https://doi.org/10.53515/aijpkm.v3i2.67Keywords:
Pemberdayaan SDM Unggul, Nilai-nilai Religius, Sholawat BanjariAbstract
Nilai religius merupakan nilai yang tertinggi dan mutlak, nilai ini bersumber kepada kepercayaan dan keyakinan manusia. Nilai religius mencerminkan keberimanan terhadap Tuhan Yang Maha Esa yang diwujudkan dalam perilaku melaksanakan ajaran agama dan kepercayaan yang dianutnya. Nilai religius adalah nilai mengenai konsep kehidupan religius atau keagamaan berupa ikatan atau hubungan yang mengatur manusia dengan tuhannya. Sedangkan penanaman nilai-nilai religius dapat melalui keteladanan, yaitu dengan meneladani kisah-kisah Nabi, kelahiran Nabi dan Keluarga Nabi. Sholawat merupakan syair puji-pujian dan sanjungan atas Nabi Muhammad SAW. Pentingnya, dalam kegiatan rutinan Sholawat Al-Banjari di SDN Kedunguneng Kecamatan Bangsal ini yaitu sebagai sarana pembelajaran pengembangan nilai-nilai religius selain itu juga untuk melestarikan budaya keagamaan. Hasil penelitian menunjukkan penanaman nilai-nilai religius melalui kegiatan Sholawat Al-Banjari ada tiga tahapan yaitu dengan penyampaian atau pemberian pengetahuan yang kemudian diterima, dicerna dan dipahami oleh para peserta agar dilaksanakan dan dikerjakan dalam kehidupan mereka sehari-hari. Setelah diterapkan di keseharian, maka apa yang mereka ketahui mereka amalkan sesuai dengan apa yang menjadi contoh mereka dan yang dipelajari mereka dari (tokoh) panutannya.
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Amru Almu’tasim, Ahmad Aris Pramuji, Andry Moh Baidowi, Awaliyatur Rohmah, Nur Annisaa’ Filmaulidah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.