Pemberdayaan Santri Pondok Pesantren Nurul Islam Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Melalui Program English Fun Learning

Authors

  • Adib Ahmada Institut Agama Islam Darussalam Banyuwangi
  • Moh. Mahmud Institut Agama Islam Darussalam
  • Khoirun Nisa

DOI:

https://doi.org/10.53515/aijpkm.v3i2.70

Keywords:

Santri Pondok Pesantren

Abstract

Bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang banyak digunakan di berbagai bidang seperti bisnis, teknologi, ilmu pengetahuan, dan pariwisata. Menguasai bahasa Inggris dapat membuka kesempatan bagi seseorang untuk terlibat dalam aktivitas internasional dan bekerja di perusahaan multinasional. Selain itu, bahasa Inggris juga menjadi bahasa ajar di banyak universitas di seluruh dunia. Dengan menguasai bahasa Inggris, para santri akan memiliki akses yang lebih besar ke peluang pendidikan di luar negeri. Bahasa Inggris juga menjadi bahasa yang umum digunakan dalam berbagai sumber belajar, seperti jurnal akademik, buku, dan situs web. Di dalam konteks Pondok Pesantren, mempelajari bahasa Inggris juga dapat membantu para santri memahami literatur dan sumber-sumber pengetahuan Islam yang tersedia dalam bahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan program pemberdayaan English fun learning bagi para santri Pondok Pesantren Nurul Islam di Desa Sumberanyar, Kecamatan Wongsorejo, Kabupaten Banyuwangi. Metode pemberdayaan yang digunakan adalah pendekatan berbasis Asset Based Community-driven Development (ABCD) dengan fokus pada pemanfaatan potensi dan sumber daya yang ada di lingkungan sekitar. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris para santri dan memberikan alternatif pembelajaran yang menyenangkan dan interaktif. Hasil pemberdayaan menunjukkan bahwa program ini berhasil meningkatkan motivasi dan kemampuan bahasa Inggris para santri. Program pemberdayaan English fun learning dapat dijadikan alternatif pembelajaran yang efektif dan menyenangkan bagi para santri Pondok Pesantren Nurul Islam, serta dapat diadopsi oleh lembaga pendidikan lainnya.

 

Author Biographies

Moh. Mahmud, Institut Agama Islam Darussalam

 

 

Khoirun Nisa

 

 

Additional Files

Published

2023-04-21

How to Cite

Ahmada, A., Moh. Mahmud, & Khoirun Nisa. (2023). Pemberdayaan Santri Pondok Pesantren Nurul Islam Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Melalui Program English Fun Learning. Al-Ijtimā: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 176–186. https://doi.org/10.53515/aijpkm.v3i2.70

Issue

Section

Artikel

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.