Pelatihan Dan Pendampingan Penanganan Anak Berkebutuhan Khusus Pada Guru Di Madrasah Ibtidaiyah Inklusif

Authors

  • Hakiman UIN Raden Mas Said Surakarta
  • Khuriyah UIN Raden Mas Said Surakarta
  • Siti Choiriyah Choiriyah UIN Raden Mas Said Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.53515/aijpkm.v4i1.86

Abstract

Pelatihan dan pendampingan penanganan anak berkebutuhan khusus (ABK) pada guru pendamping khusus (GPK) dan guru kelas (GK) di madrasah ibtidaiyah inklusif di wilayah Sukoharjo Jawa Tengah bertujuan untuk memberikan penguatan komptensi guru dalam menangani anak berkebutuhan khusus (ABK). Metode yang digunakan adalah Asset-based Community Development atau ABCD, meliputi: penggalian kekuatan dan potensi masyarakat, analisis terhadap kemampuan masyarakat, membangun hubungan atau kaitan kegiatan, dan  pemantauan serta evaluasi. Adapun langkahnya adalah discovery (menemukan), dream (impian/tujuan), design (merancang), define (menentukan) dan destiny (lakukan/tindakan). Hasil dari pelatihan adalah memberikan penguatan bagaimana cara menangani anak berkebutuhan khusus baik dalam merancang pembelajaran berdiferensiasi maupun memberikan penanganan di luar pembelajaran. Pendampingan yang diberikan secara periodik memberikan penguatan kompetensi guru pendamping khusus, guru kelas dan orangtua siswa anak berkebutuhan khusus (ABK) dalam memberikan layanan berkualitas bagi anak berkebutuhan khusus.

Downloads

Published

2023-10-31

How to Cite

Hakiman, Khuriyah, & Choiriyah, S. C. (2023). Pelatihan Dan Pendampingan Penanganan Anak Berkebutuhan Khusus Pada Guru Di Madrasah Ibtidaiyah Inklusif. Al-Ijtimā: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 96–111. https://doi.org/10.53515/aijpkm.v4i1.86

Issue

Section

Artikel